Timnas U-19 Akui Keunggulan Jepang U-19

0
52

KORIDORZINE, JAKARTA-Tim nasional Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan Jepang Jepang dalam laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (25/3). Timnas U-19 takluk 1-4 dari tamunya.

Keempat gol Jepang di laga tersebut dicetak oleh Miyashiro Taisei (menit ke-15 dan 49′), Yamada Kota (48′) dan Ando Mizuki (penalti, 79′). Sementara gol hiburan timnas U-19 diciptakan Aji Kusuma pada menit keempat injury time laga.

Pada laga itu, pelatih timnas U-19 Bima Sakti menurunkan para pemain terbaiknya seperti Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara, Saddil Ramdani, Rifad Marasabessy dan Rachmat Irpianto sejak menit pertama.

Hasilnya, timnas U-19 Indonesia tampil di bawah tekanan Jepang yang mengawal ketat pemain tim berjuluk Garuda Nusantara itu sejak dari barisan depan.

Pertahanan Indonesia yang dikawal Rachmat Irianto beberapa kali terlihat kesulitan menghadapi taktik tersebut. Puncaknya terjadi di menit ke-11 ketika Miyashiro Taisei mengubah kedudukan menjadi 1-0 nuntuk keunggulan Jepang.

Gol Miyashiro diawali penetrasi penyerang Jepang lainnya Ando Mizuki dari sisi kanan pertahanan Indonesia. Meski diapit, Ando sukses mengirim bola kepada Miyashiro yang menendangnya masuk ke gawang Indonesia yang dikawal M. Aqil Savik.

Indonesia yang berusaha membalas tampak tak kuasa menembus rapatnya pertahanan lawan. Egy Maulana yang diplot sebagai motor serangan selalu dikawal lebih dari satu pemain Jepang yang membuat pemain klub Polandia Lechia Gdansk itu tak leluasa bergerak.

Garuda Nusantara baru mendapatkan kesempatan terbaik di menit ke-40 ketika Hanis Saghara melepaskan sepakan dari luar kotak penalti, tetapi kiper Jepang Osaku Keisuke berhasil menepis bola hasil tendangan pemain bernomor punggung 19 itu.

Usai kejadian itu, tak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-0 pun bertahan sampai paruh pertama laga berakhir.

Pada babak kedua, Jepang tampil dengan tempo tinggi. Tiga menit setelah paruh kedua berjalan, Jepang langsung menorehkan gol melalui Yamada Kota.

Yamada sukses memanfaatkan umpan silang mendatar gelandang Hori Kenta yang menusuk dari sisi kiri pertahanan Indonesia.

Gol ketiga datang dengan kilat. Tak sampai satu menit, Miyashiro Taisei mencatatkan gol keduanya sekaligus gol ketiga Jepang hasil tendangan keras dari kotak penalti.

Di menit ke-79, tim nasional U-19 Indonesia yang semakin tertekan kemudian membuat kesalahan di kotak penalti dengan menjatuhkan Ando Mizuki. Ando yang menjadi algojo memperdaya Aqil Savik dengan tendangan Panenka.

Skor 4-0 untuk keunggulan Jepang berubah ketika Indonesia memperkecil jarak pada menit keempat injury time. Aji Kusuma melesakkan bola ke gawang Jepang dengan memperdaya kiper pengganti Tani Kosesi.

Dengan hasil ini, timnas U-19 Indonesia sudah mencatatkan dua kali kekalahan dari dua uji coba di tahun 2018 di bawah kepemimpinan pelatih Bima Sakti. Pada uji coba pertama, Hanis Saghara dan rekan dikandaskan timnas U-23 0-5. (rol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here