Aries Sindir Oded soal Smart City di Debat Pilwalkot Bandung

0
52

KORIDORZINE.COM, BANDUNG-Jalannya debat Pilwalkot Bandung 2018 sempat diwarnai dengan silang pendapat mengenai konsep smart city yang dijalankan oleh Pemkot Bandung di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil. Acara debat Pilwalkot Bandung berlangsung di Hotel BnB, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Minggu (25/3/2018) malam.

Calon Wakil Wali Kota Bandung nomor urut dua Aries Supriatna memberikan pertanyaan pada Calon Wali Kota Bandung nomor urut tiga Oded M Danial yang periode sebelumnya berpasangan dengan Ridwan Kamil terkait konsep tersebut.

“Pasangan Oded-Yana ini akan melanjutkan Bandung Juara. Untuk itu akan meneruskan segala hal yang ada. Dalam konteks itu ada smart city. Mohon penjelasan, sebetulnya smart city yang berkembang seperti apa,” tanya Aries.

Oded menjawab smart city tidak sebatas pengembangan dan penggunaan sarana informasi-teknologi dalam sebuah pemerintahan. Melainkan melahirkan konsep sebuah kota dan masyarakat yang cerdas.

“Bandung kota cerdas ini memiliki kapasitas warga yang ditingkatkan. Di antaranya saya dengan pengalaman 54 bulan jadi wakil wali kota, saya bisa lebihan pembangunan Bandung ini dimulai dari kewilayahan,” ujar Oded.

“Insya Allah saya jika jadi (menang Pilwalkot), tiga bulan sekali akan memberikan pelatihan dan bintek pada RT, RW dan masyarakat agar menjadi masyarakat yang cerdas,” lanjut politisi PKS itu.

Sementara itu Yana menambahkan konsep smart city merupakan sebuah bagian yang saling terintegrasi tidak hanya dari sisi teknologi. “Jadi bagaimana kemudahan-kemudahan warga mengakses perizinan itu menjadi tujuan smart city. Mengintegrasikan pemerintah dan warganya,” kata Yana.

Mendengar jawaban dari Oded dan Yana, Aries menanggapinya dengan sebuah sindiran. Ia menilai keduanya harus belajar kembali mengenai konsep smart city yang sebenarnya.

“Nampaknya kami harus merekomendasikan untuk mempelajari apa itu smart city. Akibat dari konsep yang belum matanglah muncul permasalahan baru. Jadi konsep yang belum matang,” ujar politisi PDIP itu. (dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here