CPNS di Halmahera Tengah Ikut Diklat Prajabatan

0
165

KORIDORZINE.COM, WEDA-Tercatat sebanyak 48 Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) gelombang II Formasi Bidan PTT dan Tenaga Penyuluhan Pertanian tahun 2017 mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Prajabatan, bertempat di Aula Kantor Bupati Halteng, Senin (26/3).

Bupati Halmahera Tengah, Edy Langkara dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Abdurrahim Odeyani menjelaskan, penyelenggaraan Diklat Prajabatan ini merupakan pembekalan awal kepada CPNSD agar dalam melaksanakan tugas memiliki landasan berupa ilmu pengetahuan serta sikap dan perilaku yang diharapkan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara baik dan benar.

Diklat menurut bupati dipandang penting dan strategi dalam rangka pembinaan dan pengembangan kualitas sumber daya aparatur pemerintah, agar lebih berkualitas dan profesional guna menjawab tantangan penyelenggaraan, pembangunan dan pelayanan publik yang semakin kompleks dan rumit, sehingga perlu pelayanan prima.

“Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kebutuhan dan langkah strategis setiap [emerintahan di era otonomi daerah. Tuntutan penerapan good governance yang mengacu pada sikap, nilai dan prilaku aparatur pemerintah, PNS yang sekarang berubah menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai unsur utama SDM aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat yang taat dan setia kepada Pancasila dan UUD 1945 dan pemerintah,” kata Wabup.

Dikatakan, sasaran utama reformasi birokrasi mengarah pada lima fungsi yakni, birokrasi yang bersih dan berwibawa dengan difokuskan pencegahan KKN, birokrasi pemerintahan yang efisien, birokrasi yang transparan dan akuntabel, birokrasi yang amanah dan berbudaya, dan birokrasi yang tersentralisasi dengan manajemen yang benar.

Sebelumnya, ketua panitia Diklat Prajabatan, Hairia melaporkan, tujuan dan sasaran pelatihan dan pendidikan prajabatan bagi CPNSD golombang II ini untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap dan perilaku yang baik sehingga dapat melaksanakan tugas dengan profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS.

“Kegiatan ini bertujuan menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharuan dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” Jelas Hairia. Kepala BKPSDM Halteng ini mengaku PTT Bidan yang mengikuti diklat sebanyak 47 orang dan 1 orang tenaga penyuluhan.

Hadir pada kesempatan itu Kabag Sunda Polres Halteng/mewakili Kapolres Halteng, Kompol Muhammad Arief, Kepala BKPSDM Provinsi Malut Dr. Anwar Hasjim M.Si beserta Tim Diklat diantaranya Drs. Hasan Mustafa, Abdurrahim Koroy, H. Sahil M. Nur, Taufik Z. Karim, Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Halteng, Staf dan Assisten. (hrn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here