BI Harap Kopra Bisa Diekspor Langsung dari Maluku Utara

0
103

KORIDORZINE.COM, TERNATE-Perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara mengajak instansi terkait mendukung ekspor Malut dengan melakukan kerjasama dan sinegrisitas bersama seluruh pelaku usaha dan instansi vertikal yang menangani ekspor di Maluku Utara. Tahun lalu, dilakukan ekspor ikan, maka tahun ini diharapkan bukan hanya ikan tetapi komoditi lain seperti pala, cengkeh dan kopra.

Komoditi di Malut sangat besar yang keluar dari Maluku Utara melalui pelabuhan Biting, Surabaya, Makasar dan Denpasae, hal Ini yang tidak kita inginkan. “Kita berharap eksport komoditi kita, baik penikanan maupun pertanian dari pelabuhan Malut agar tercatat di bea cukai Maluku Utara,” pinta Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malut, Dwi Tugas Waluyanto saat coffe morning dengan forum BUMN dan beberapa instanasi, Selasa (27/3).

Menurutnya, dengan eksport yang keluar dari Malut maka dana bagi hasil semakin besar. Artinya ada pemasukan untuk Maluku Utara. “Dalam waktu dekan ada ekspor keluar negri lansung dari Malut terus kita dorong agar dana bagi hasilnya masuk ke daerah,” ujarnya.

Semantara pemilik PT Karya Alam, Baskoro mengaku, selama ini pihaknya melakukan ekspor melalui Surabaya terutama komoditi pangan, pada 2018 ini melakukan koordinasi dengan Bea Cukai untuk ekspor melalui Malut. “Saat ini saya berkordinasi, karena belum pernah ekspor langsung dari Malut, karena kendalanya saya belum tahu,” katanya.

Diakuinya, sudah mengkonsultasi dengan Bea Cukai untuk kelengkapan berkas yang diperlukan untuk disipakan. “Saya akan koordinasi dengan Bea Cukai persiapan dokumen apa saja yang perlu saya siapkan,” ujarnya.

Semanatara Kepala Karantina Perikanan Kota Ternate Abdullah Kadir menyatakan mendukung sinergisitas instansi baik pemerintah daerah maupun vertikal untuk mendorong ekspor di Maluku Utara. Ia mengaku, perijinan Hasap yang diurus melalui Karantina terkait kebersihan dan kualitas produk ekspor, sejauh ini tidak ada kenadala. “Kita malah mendukung seratus persen perinjinan Hasap, prosesnya cepat jika semua persaratan dokumen yang diminta siap lansung diproses izinnya,” katanya. (don)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here