Postingan Berbau SARA akan Ditindak Tegas

0
70

KORIDORZINE.COM, TERNATE-Ketua Gakumdu Maluku Utara AKBP Hengky Setiawan menegaskan, setiap akun media sosial seperti Facebokk, Instagram, Twiter dan lain-lain yang dipakai menyebarkan kebencian, pencemaran nama baik, penghasutan, maupun SARA akan ditindak tegas.

Meski demikian, Hengky yang juga Kasubdit I Ditreskrimum Polda Malut ini menyebut, saat ini Gakkumdu terus melakukan pemantauan pemilik akun yang terdaftar di KPU. Sedangkan akun lain yang tidak terdaftar atau diluar KPU, apabila ada laporan maka proses penanganannya melalui Undang-Undang ITE yang dilimpahkan penanganannya di Krimsus Polda.

“Beda dengan akun yang terdaftar di KPU, penanganya melalui penyidik Gakumdu kemudian digelar bersama Bawaslu jika unsur pelanggaran memunuhi langsung ditindaklnajuti,” kata Hengky, Selasa (27/3).

Hengky mengeskan, paslon yang merasa dirugikan dengan adanya ujaran kebencian, penghasutan hingga mengarah kepada SARA secepatnya melaporkan ke Central Gakkumdu Malut. “Silahkan lapor karena itu akan ditindaklanjut, dikaji, apakah maslaah tersebut masuk tindak pidana pemilihan atau UU ITE, dan itu bisa dilaporkan oleh siapa saja,” jelas Hengky.

Terpisah, Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Masrur mengatakan, hingga kini, belum menerima laporan pengaduan terkait adanya penghinaan salah satu cagub melalui akun facebook bernama Muz Arman, namun saat ini akun tersebut tetap dipantau tim cyber crime.

“Itu sudah kami lihat, hanya saja menindaklanjuti kewenanganya Gakkumdu,” kata Masrur serya menambahkan prinsipnya Polda Malut melalui Tim Cyber Crime terus melakukan patroli di medsos apabila kedapatan dan diketahi identitasnya langsung diciduk dan intogrerasi tim cyber. (din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here