Bisa Berbuat Lebih Banyak, Humas Polisi Diharap Jadi Satgas

0
34

KORIDORZINE.COM, SURABAYA-Menilik kejahatan di era kini yang tidak hanya melalui dunia nyata namun juga dunia maya, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo mengatakan pentingnya peran divisi humas di kepolisian. Menurut Widodo, divisi humas tak lagi menjadi divisi dengan fungsi pendamping divisi lainnya.

“Fungsi humas ini penting dalam kepolisian, terlebih marak fenomena hoax, ujaran kebencian dan SARA. Humas bisa memerangi hal ini,” ujar Widodo usai membuka Rakernis Divisi Humas Polda Jatim di Rupatama Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Kamis (29/3/2018).

Tak hanya itu, menurut Widodo humas merupakan corong kepolisian pada masyarakat. Dari hal ini, baginya kinerja humas Polda cukup besar dalam memerangi tren yang sedang berkembang kini. “Jadi trennya itu kejahatan memang lewat media sosial dari penyebaran hoax hingga ujaran kebencian,” tambah Widodo.

Isu-isu ini, lanjut Widodo jika tak diperangi dapat memecah-belah masyarakat. Hal ini bukanlah omong kosong, karena telah ada contohnya di beberapa negara. “Jadi divisi humas memegang peran penting untuk menghalau hal ini,” kata jenderal bintang satu ini.

Widodo juga mengingatkan, masyarakat kini harus selektif dan lebih hati-hati jika ingin memposting atau membagikan informasi dari media sosial. Karena, ketika informasi tersebut salah, pelaku akan terdeteksi dan bisa ditangkap polisi. “Polisi telah memiliki teknologi untuk melacak keberadaan situs-situs yang merugikan tersebut,” ujar Widodo.

Situs tersebut, lanjutnya, akan secara mudah terdeteksi dengan alat-alat yang telah ada. “Kami punya alat-alat itu, punya instrumen cyber troop ini bisa melacak untuk men-trace kegiatan-kegiatan masyarakat yang kontraproduktif yang tidak membangun itu,” tambanya.

Kendati demikian, Widodo menginginkan nantinya divisi humas bisa menjadi Satuan Tugas (Satgas) sendiri. Hal ini penting karena ketika telah resmi, humas bisa memiliki anggaran dan bisa mengatur semua pengeluarannya sendiri.

Tak hanya itu, Widodo berharap Rakernis ini bisa menjadi salah satu upaya penguatan divisi humas di ranah Polda Jatim..

Dalam acara yang dipimpin Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera ini, ada pula penghargaan keaktifan kepada enam Kabag Humas di daerah yang ada di jajaran Polda Jatim yang memiliki keaktifan tinggi. Keenam daerah tersebut adalah Polres Malang Kota, Polres Sidoarjo, Polres Trenggalek, Polrestabes Surabaya, Polres Jember, dan Polres Batu. (dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here