Malut Jadi Proyek BKN di Indonesia Timur

0
60

KORIDORZINE.COM, SOFIFI-Uji Bukti seleksi jabatan administrator dan pengawas eselon III dan IV, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menujuk Maluku Utara menjadi proyek wilayah timur sebagai pedoman penilaian BKN.

Hasil sebagai acuan dan pedoman wilayah Indonesia Timur terkait kopetensi pejabat eselon III IV. Sementara Wilayah Indonesia Barat, BKN menunjuk Bangka Blitung sebagai projek, dan wilayah tengah ditunjuk Jawa Tengah sebagai projek.

“Ini pemetaan jabatan dan pembuatan data base BKN, hasilnya sebagai pedoman, karena tiap SDM aparatur beda wilayah diantaranya wilayah Barat, wilayah tengah, dan wilayah timur,” kata Kepala Bidang Promosi dan Pengembangan Karir BKD Provinsi Malut Idwan Asbur Baha di kantor gubernur, Rabu (28/3).

Menurutnya, Maluku Utara dipilih sebagai pedoman BKN karena nilainya tinggi disesuaikan dengan kemampuan daerah. Karena terdapat 50 orang terdiri dari 25 pejabat eselon III dan 25 pejabat eselon IV seluruh SKPD lingkup Pemprov Malut. Untuk acuan pedoman dari BKN sebagai penilai wilayah timur, beda dengan pembuatan asesmen terdapat tiga konsekuensi diroling, dinonjob atau diturunkan jabatan.

“Maluku Utara menjadi patokan wilayah timur mulai dari Maksar-Papua Maluku Utara mewakili Wilayah Timur Indonesia. Intinya kompetensi ASN wilayah timur, Maluku Utara yang dipakai BKN,” ungkapnya.

Dijelaskan, Maluku Utara dianggap mampu dibandingkan Makassar yang merupakan provinsi senior, namun tidak mendapat kepercayaan BKN. Maluku Utara mendapat penilaian khusus BKN karena telah meraih BKN Word dua kali. Selain itu fasilitas SDM juga diperhitungkan karena kedepan eselon III dan IV melalui seleksi dan sementara dirancang regulasinya. “Jadi penempatan jabatan tidak seperti membeli kucing dalam karung. Tidak seperti tahun lalu, jangan karena kedekatan dan politik, tidak mampu bekerja diberikan jabatan,” paparnya. (uja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here