Sambut Calender of Event, Dispar Morotai Ajak Masyarakat Jadi Agen Pariwisata

0
48
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai, Nona N Duwilah, SH,MSi

KORIDORZINE.OM, MOROTAI-Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara mengajak masyarakat menjadi agen wisata. Menyusul menggelar sejumlah lomba  menyambut calender of event Kementrian Pariwisata (Kemenpar) sepanjang tahun 2019.

Lomba yang telah digelar Dispar diantaranya gendang sahur,  lomba ela-ela/pawai obor dan lomba falo laor. Saat ini Dispar mempersiapkan lomba  puncak acara Morotai festival pada  Agustus 2019 yakni  lomba Pemilihan Jojaru Ngongare, lomba baris Kreasi, lomba tari dan  Morotai Idol yang akan digelar  tanggal 4-5 Agustus 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai, Nona N Duwilah, SH,MSi menjelaskan,  untuk menuju event Kemenpar  tanggal 4-5 Agustus 2019 di Morotai,  Dispar sebelumnya telah menggelar pra event.  Acaranya dimulai sejak  Februai 2019 dalam rangka menyambut hari ulang tahun kabupaten Pulau Morotai tanggal 20 Maret 2019.

Setelah itu event ramadhan berupa lomba gendang sahur, event menjelang lebaran yakni lomba pawai obor, event usai lebaran adalah lomba falo laor  kemudian  event Kemenpar tanggal 4-5 bulan Agustus Dispar akan membuat lomba Pemilihan Jojaru Ngongare, lomba baris kreasi dan lomba Morotai Idol. “Setelah event Kemenpar selesai, Dispar akan membuat event dengan berbagai kegiatan sampai ahir tahun 2019,” jelas Kadispar, Nona N Duwila, Minggu, 23 Juni 2019.

Menurutnya, banyak kegiatan dalam menyambut event wisata nasional yang  dikemas dalam lomba pemilihan Jojaru Ngongare, lomba baris Kreasi, lomba Morotai Idol, lomba renang antar pulau, lomba dayung,  sepak bola,  mancing mania, tari  dan budaya serta masih banyak  memeriahkan calender of event Kementrian Pariwisata (Kemenpar) sepanjang tahun 2019.

Menurut istri mantan Danlanal Morotai ini, dengan dibukanya Kabupaten Pulau Morotai sebagai destinasi trend wisata menjadikan banyaknya pulau dan objek wisata lain di Morotai  terekspos  para wisatawan. Karena Morotai mempunyai keindahan alam yang  beragam.

Tidak hanya wisatawan nusantara yang berdatangan tetapi para wisatawan manca negara juga akan lebih banyak berdatangan. Karena itu Pemkab Pulau Morotai mulai mengembangkan berbagai tempat wisata yang bisa memikat para wisatawan.

Disebutkan, banyak destinasi wisata trend di Pulau Morotai yang mendunia, sehingga banyak wisatawan asing yang mulai menelusuri keindahan alam Morotai. Seperti wisata laut/pantai yang indah dan menakjubkan  sebutlah pulau Dodola, kemudian wisata sejarah Perang Dunia II yang sangat berkesan bagi negara-negara yang masuk dalam sekutu Amerika Serikat dan Jepang saat Perang Dunia  II  Morotai dijadikan pangkalan. Mereka akan datang ke Morotai bukan hanya sekedar bernostalgia  sejarah tetapi  menjejakinya karena banyak nilai sejarahnya,” paparnya.

Dikatakan pariwisata Morotai yang menjadi sektor unggulan dan terdepan  bukan semata demi menambah pendapatan daerah, melainkan  menanamkan kepercayaan diri dan mengubah perilaku masyarakat. “Kami berharap masyarakat Morotai memahami kalau lingkungan mereka bisa dijadikan objek wisata yang menarik sehingga wisatawan nusantara maupun asing mau melewatinya. Untuk itu kebersihan lingkungan di darat maupun di laut harus dijaga dan di pelihara  demi kemajuan pariwisata Morotai,” pintanya.

Nona mengatakan, khusus  lomba Pemilihan Jojaru Ngongare, lomba baris Kreasi dan Morotai Idol akan dilombakan pada tanggal 4-5 Agustus 2019. Ia mengajak masyarakat Pulau Morotai   berpartisipasi  ntuk menyukseskan  even pariwisata nasional ini, tanpa dipungut biaya.

Hadiah yang disiapkan  ratusan juta rupiah. Apabila  masyarakat yang ingin mengikuti lomba tersebut segera menghubungi panitia  pendaftaran dan pelayanan informasi, sekertariat panitia Kantor Dinas Pariwisata Morotai melalui  Talha HP 0812 2753 3335 dan Syaban Lanony HP 0812 4596 2575. (inforial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here