Wakil Bupati Halsel Kerahkan ASN untuk Bangun MCK di Lokasi Pengungsian

0
61
Wakil Bupati Halmahera Selatan Iswan Hasjim saat meninjau lokasi pengungsian akibat gempa. Foto : IVAN

KORIDORZINE, LABUHA – Seminggu sudah gempa berkekuatan 7,2 skala richter mengguncang Halmahera Selatan. Semua pihak terjun guna meringankan beban masyarakat yang menjadi korban.

Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan langsung cepat tanggap terhadap kebutuhan masyarakat korban gempa. Mereka akan segera membangun tempat mandi, cuci, kakus (MCK) di 73 lokasi pengungsian yang tersebar di sejumlah titik.

Wakil Bupati Halmahera Selatan, Iswan Hasjim, saat dikonfirmasi wartawan KORIDORZINE usai mengikuti upacara HUT Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 mengatakan, masalah kesehatan diakui menjadi masalah serius, oleh karenanya Pemkab senantiasa memperhatikan kondisi kesehatan korban gempa di tempat pengungsian.

Pad Selasa (23/07), lanjut Iswan, tim Pemkab Halmahera Selatan akan turun ke lokasi guna melakukam pendataan secara detail meskipun sudah ada data awal terkait dengan kebutuhan penangan paska gempa di masing-masing desa yang terkena dampak. Data itu peruntukkan dalam pembuatan fasilitas MCK di tempat tempat pengungsian.

“Tidak semua desa dibuatkan MCK karena ada beberapa desa yang warganya mengungsi namun rumah mereka tidak rusak, maka tidak perlu dibuatkan MCK. Pemkab fokus tempat pengungsian yang benar-benar membutuhkannya, yakni dikarenakan rumah mereka rusak saat gempa,”ujar Iswan kepada wartawan.

Lebih lanjut diutarakan Iswan, tim yang turun ke lokasi langsung membawa material yang dibutuhkan untuk pembangunan MCK. Hal itu dilakukan agar lebih cepat merealisasikan fasilitas MCK yang ditunggu masyarakat korban gempa.

“Pokoknya semua Tim SPKD akan turun ke lokasi untuk membangun MCK, karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat di lokasi pengungsian. Jadi, mulai besok semua Aparat Sipil Negara (ASN) wajib turun ke lokasi titik pengungsian, “tandas Iswan.(VAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here