Menanti Kehadiran Ketua TP-PKK, Warga Morja Atraksikan Musik Bambu Hitada Demi Rekor MURI

0
20

KORIDORZINE, MOROTAI – Masyarakat Kecamatan Morotai Jaya, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, sangat antusias menyambut even nasional kemenpar RI, Festifal Morotai 2019. untuk menampilkan antraksi musik tradisional khas suku tobelo-galela yakni musik bambu hitada. Tetapi mereka juga rindu hadirnya ketua TP-PKK Kabupaten Pulau Morotai, Sherly Tjoanda, di tengah tengah mereka seperti di desa lainnya.

Kondisi tersebut, terlihat ketika krateker kepala desa Loleo, Abdul Totou, mengumpul masyarakatnya di lapangan bola desa pangeo guna menyampaikan informasi pelatihan musik tradisional bambu hitada. Dimana desa pangeo menjadi sentral pelatihan dari 500 orang peserta bambu hitada yang berasal dari beberapa desa di Morotai jaya. Sebutlah Desa Pangeo, Desa Gorugo, Desa Loleo dan Desa Korago.

Abdul, menjelaskan bahwa apel gabungan Pemdes dari 4 desa di Kecamatan Morotai Jaya, dalam rangka acara persiapan latihan gabungan peserta bambu tada.

“Untuk sukseskan Festival Morotai 2019, Saya yang pimpin apel, untuk menyampaikan jadwal latihan gabungan peserta bambu tada untuk desa Loleo, Pangeo, Gorugo, Toara dan Korago.” Katanya

Lanjutnya, Usai apel pagi itu, semua Pemdes langsung mengadakan segala persiapan untuk menjemput panitia dan pemandu yang akan datang ke Kecamatan Morotai Jaya.

Selain memimpin apel pagi, Pj. Kades Loleo juga selaku koordinator pada pelaksanaan acara latihan gabungan tersebut,”Alhamdulillah sekitar jam 15.30 WIT, acara dimulai dan dapat berjalan dengan baik, walaupun sempat diguyur hujan lebat.”

Selaku koordinator, krateker Kades Loleo juga mengajak masyarakat untuk menghadiri dan memberikan semangat kepada peserta musik bambu hitada yang sementara latihan pemantapan.

“Antusis masyarakat berbondong bondong untuk hadir hingga memadati lapangan bola kaki desa pangeo, untuk menyaksikan 500 peserta yang memainkan bambu hitada, musiknya unik dan nada yang merdu di telinga,” terangnya.

Lelaki yang akrab disapa dengan Garuda ini menambahkan, ada lagi acara pelatihan tahap berikut yakni tanggal 28-7-2019 dan masyarakat sangat antusias menantinya karena merasa terhibur.

“kami akan memadati lapangan ini karena kami sangat senang  acara ini dilaksanakan, kami mendukung sekali, kami minta kepada pak Abdul, supaya tanggal 27-7-2019, sudah di umumkan kepada kami dan kami mohon supaya Ibu Bupati berkenaan hadir pada acara nanti dan masyarakat Morotai jaya siap menyambut kedatangan ketua TP-PKK Pulau Morotai, Sherly Tjoanda,” Pinta masyarakat melalui krateker kepala desa

Krateker Kepala Desa, Loleo, Abdul Totou, Menyebutkan, pada tanggal 27 pagi saya undang rapat  Pemdes 5 desa, sorenya sudah pasang tenda di lapangan, untuk kegiatan tanggal 28 Juli 2019, Untuk menyambut kedatangan ketua TP-PKK Kabupaten Pulau Morotai dan rombongan serta Forum Jurnalis Online Morotai (FJOM) untuk meliput kegiatan kami. (LIL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here