Hingga Jum’at Siang, Ada 22 Jamaah Haji Wafat di Tanah Suci

0
16
Jamaah haji yang sudah tiba di Tanah Suci hingga Jum'at siang mencapai 143.875 orang. Foto : Kemenag RI.

KORIDORZINE, JAKARTA – Hingga Jum’at, 26 Juli 2019 ini, pukul 13:48 waktu Arab Saudi, jamaah haji yang tiba di Tanah Suci terus bertambah. Berdasarkan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama RI, jumlah jamaah haji yang telah tiba mencapai 143.875 orang dari 356 kelompok terbang (kloter).

Angka tersebut berasal dari seluruh embarkasi di Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Padang, Solo, Surabaya, Batam dan lainnya.

Kedatangan jamaah haji di Arab Saidi itu melalui dua bandara, yaitu Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz, Madinah dan Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Sementara itu, dari jumlah jamaah haji yang telah datang itu sebagian ada yang wafat karena sakit yang telah dideritanya. Mereka yang berpulang itu berjumlah 22 orang.

Selain haji reguler, jamaah haji khusus juga telah tiba di Tanah Suci. Hingga kemarin, jumlahnya sudah sebanyak 5.888 jamaah. Mereka berasal dari 93 Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Tahun ini, kuota haji khusus mencapai 17 ribu dari 231 ribu yang diberikan Pemerintah Arab Saudi.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Kabid Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) Abdul Muhyi. “Jadi yang sudah tiba sampai sekarang 5.888 jemaah dari 93 PIHK,” ujar Muhyi.

Sesuai namanya, jemaah haji khusus memiliki perlakuan berbeda dari reguler. Mulai dari biaya, layanan akomodasi, katering hingga masa tinggal di Tanah Suci. (NIS/OZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here