Menagih Janji Wakil Rakyat

0
21
Ketua DPRD Pati Ali Badrudin. Foto : Wisnu

KORIDORZINE, PATI – Pemilihan Umum (Pemilu) baru usai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun KPU Daerah (KPUD) di sebagian wilayah sudah menetapkan kursi parpol dan calon legislatif terpilih yang duduk di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Kini, yang tersisa setelah itu adalah janji-janji mereka yang selama kampanye terus dilontarkan ke masyarakat agar mereka terpilih. Ya, agar mereka bisa duduk sebagai wakil rakyat di wilayah masing-masing.

Mengenai janji wakil rakyat, wartawan KORIDORZINE, berupaya untuk menanyakannya ke sang wakil rakyat yang sudah duduk di periode 2014-2019. Sebagaimana diutarkaan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ali Badrudin, dirinya senantiasa memperjuangkan apa yang menjadi hak rakyat, sebab sebagai Wakil Rakyat yang duduk di kursi legeslatif yang menjadi tugas utama adalah mendengarkan kekurangan masyarakat, dan selanjutnya akan disampaikan ke Pemda melalui Bupati.

“Tugas kita adalah memperjuangkan hak rakyat melalui program-program dari Pemerintah Daerah,” ujar Ali berapi-api kepada wartawan, Minggu (28/7).

Menurut Ali, selain sebagai wakil rakyat, fungsi dan tugas yang harus dilakukan adalah membahas anggaran, mengawasi, dan membuat aturan, karena pengguna anggaran yang menjadi tanggung jawab adalah Bupati.

“Kita memang sama-sama duduk dalam satu atap dengan Bupati, namun kita mempunyai fungsi yang berbeda, hanya saja sebagai wakil rakyat, saya akan memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan rakyat,” tandasnya.

Sementara Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Pati Hardi mengaku masih banyak yang menjadi tugas DPRD sebagai wakil rakyat di Kabupaten Pati. Sejauh ini, yang masih menjadi kendala adalah soal kesejahteraan pada petani tebu dan harga produksi ayam yang menurun.”Yang belum dicapai saat ini adalah kesejahteraan petani tebu karena harga gula yang menurun, dan produksi ayam yang juga menurun, ini adalah tugas yang harus dikerjakan untuk meningkatkan dan menstabilkan harganya agar bisa naik,” ungkap Hardi.

Oleh karena itu, lanjutnya, langkah yang dilakukan adalah melakukan penyuluhan dan koordinasi dengan dinas terkait.”Sebagai wakil rakyat, khususnya di komisi B, kita akan melakukan koordinasi, misalnya untuk peternakan maupun pertanian, kita akan sampaikan ke Pemda melalui dinas pertanian, dan itu akan kita perjuangkan, demi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pati,” tambah Hardi.(WIS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here