Wapres JK Berharap Agar Kader Partai Menjunjung Tinggi Nilai Demokrasi

0
8
Wapres JK saat memberikan sambutan dalam acara Muspinas Kosgoro. Foto : detik

KORIDORZINE, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) Rabu (31/7) menghadiri acara Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspinas) Organisasi Massa (Ormas) Kosgoro di Jakarta.

Saat menyampaikan sambutannya, Wapres JK berharap agar para kader partai harus menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. Maksudnya, lanjut JK, apabila ada perbedaan diantara kader, jangan buru-buru mendirikan partai baru.

Wapres JK mengajak agar mengakhiri kebiasaan lama yakni bila tidak puas dengan partai, kemudian mendirikan partaiain. “Kita hentikan kebiasaan lama. Kalau tak puas di Golkar, maka bikin partai lain di luar Golkar. (Padahal) Kalau semua partai digabung jadi satu, saya kira Golkar akan mencapai capai 40 (persen) suara,” tukas Wapres JK.

Setidaknya ada empat mantan kader Partai Golkar ‎yang mendirikan partai baru. Mereka adalah Wiranto yang mendirikan Partai Hanura, kemudian Prabowo Subianto mendirikan Partai Gerindra.

Surya Paloh mendirikan Partai Nasdem, dan terakhir Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto dengan Partai Berkarya. JK menegaskan, jika sebuah partai ingin tumbuh besar dan maju, maka sistem organisasinya juga harus demokratis.

“Apabila suatu partai atau orang ingin capai tujuannya dengan cara demokratis, maka partai dan orang harus demokratis,” tandasnya.

Ada yang menarik saat Wapres JK bercanda dalam sambutannya. Ia mengungkapkan bahwa saat maju menjadi Wakil Presiden untuk kali pertama (2004-2009), waktu mendampingi SBY, dirinya tidak diusung Partai Golkar. Demikian halnya ketika maju menjadi wapres yang kedua (2014-2019), JK juga tidak diusung Partai Golkar saat bersama Joko Widodo. Keduanya menang.

Sementara itu kepada kader Kosgoro dirinya berpesan untuk mengutamakan demokrasi dalam berorganisasi. Menurutnya, demokrasi yang baik itu dimulai dari internal organisasi. (UC/KP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here