Anggota Dewan Tolak Rencana Impor Rektor di PTNBH

0
16
Anggota DPR RI Komisi X Dr. Reni Marlinawati. Foto:Istimewa

KORIDORZINE, JAKARTA – Rencana pemerintah seperti yang diungkapkan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, untuk mengimpor rektor asing dan ditempatkan di Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) mengundang perdebatan.

Salah satu pihak yang menentangnya datang dari kalangan legislator di Senayan. Anggota Komisi X DPR RI Reni Marlinawati kepada wartawan, Selasa (30/7), mengatakan, ide mendatangkan rektor asing seharusnya dapat dihindari jika Kemenristekdikti dapat memetakan persoalan dan membuat solusi peningkatan kualitas perguruan tinggi di Indonesia saat ini.

Rencana mendatangkan rektor asing itu dinilai bertentangan dengan sejumlah aturan. Sebut saja Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen maupun Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi.

Rencana tersebut malah dinilai sebagai bentuk kekurangmaksimalan Kemenristekdikti dalam membentuk sistem pendidikan tinggi yang visioner, konsisten, dan adaptif terhadap perkembangan zaman, bukan malah memilih cara instan dengan mendatangkan rektor asing.

“Kita jangan latah dengan menempel salin cara yang diterapkan oleh negara lain dengan mengimpor rektornya,” ujar Dr. Reni Marlinawati, anggota DPR dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Soal pendidikan merupakan isu strategis yang sejak negara ini berdiri terus mendapat perhatian. Tentunya agak mengherankan apabila ada rencana instan yang ‘katanya’ untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi dan lulusannya dengan mendatangkan rektor asing.

Padahal, boleh jadi rektor asing tersebut belum tentu sesuai dengan karakteristik pendidikan kita, sehingga apa yang diterapkan di luar negeri belum tentu berhasil diterapkan di sini. Apalagi sudah banyak perguruan tinggi kita yang kualitasnya bagus, tak sedikit juga anak bangsa yang menjadi dosen dan guru besar di perguruan tinggi luar negeri. (RED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here