Wapres JK Terima Anggota DPR Amerika Serikat

0
17
Wapres JK menerima delegasi anggota DPR Amerika Serikat. Foto : Humas Setwapres

KORIDORZINE, JAKARTA – Dalam rangka memperingati hubungan diplomatik Indonesia dengan Amerika Serikat ke-70, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (Wapres JK) menerima delegasi dari US House Democracy Partnership (US HDP) pada Jum’at (2/8) siang di Istana Wakil Presiden.

Delegasi US HDP itu dipimpin oleh David Price. Turut dalam rombongan para anggota DPR-nya Amerika Serikat (AS) itu, Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan JR dan Wakil Ketuanya Vern Buchanan. Selain itu, anggota HDP juga mendampinginya, yakni Susan Davis, Gerry Conolly, Neil Dunn, dan John Rutherford.

Pertemuan itu dimaksudkan untum membahas sistem demokrasi hingga peningkatan kerjasama bagi kedua negara.

US HDP merupakan komisi bipartisan yang beranggotakan 20 anggota DPR AS yang bekerja langsung dengan negara-negara mitra di seluruh dunia.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan tahun 2019 ini merupakan tahun yang penting bagi kedua negara. Wapres JK sangat mengapresiasi hubungan baik antara kedua negara yang sudah terjalin selama 70 tahun ini. Menurutnya banyak peluang yang ditawarkan dari iklim investasi di Indonesia.

Peningkatan kerjasama ini khususnya di bidang ekonomi perdagangan, yakni ekspor dan import.

Terkait dengan kemitraan di bidang legislatif, Wapres JK menyampaikan terima kasihnya kepada delegasi US HDP karena telah memberikan pelajaran yang berharga bagi perkembangan demokrasi di Indonesia.

Wapres JK menandaskan, sekarang ini sudah ada perimbangan kekuasaan antara eksukutif dan legislatif. Sebelumnya terkesan eksekutif yang begitu menonjol, sehingga legislatif terkesan nomor dua.

Melaui US HDP ini telah terjalin kesejajaran antara eksekutif dan legislatif, sehingga dalam membangun bangsa dan negara ini lebih tertata rapi. (RED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here