208 Tim Turut Dalam Lomba Fishing di Festifal Morotai 2019

0
20

KORIDORZINE,  MOROTAI – Berlangsung di Pelabuhan Imam Lastori Daruba Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Minggu 04 Agustus 2019, Pukul 07.30 Wit. Digelarnya open seremoni, pelepasan peserta Lomba Fhising Morotai. yang di selenggarakan oleh DKP Pulau Morotai, sebagai rangkaian kegiatan Festival Morotai Tahun 2019.

Perlu di ketahui untuk Lomba Fhising Morotai tahun 2019 total sebanyak 208 Tim (416 Orang) dibagi dalam dua kategori yakni Peserta lomba Mancing Tuna 85 Tim (170 Orang) dan Peserta lomba Mancing Ikan Dasar 123 Tim (246 Orang).

Dengan rincian masing masing adalah Peserta dari Kabupaten Halmahera Utara 4 Tim (8 Orang), Peserta dari Kabupaten Halmahera Timur 2 Tim (4 Orang), Peserta dari Kecamatan Morsel 107 Tim (214 Orang), Peserta dari Kecamatan Mortim  65 Tim (130 Orang), Peserta dari Kecamatan Morut 6 Tim (12 Orang) dan Peserta dari Kecamatan Morselbar 24 Tim (48 Orang).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pulau Morotai, juga sebagai ketua Pelaksana Lomba, Suriani Antarani, menyampaikan Secara geografis Pulau Morotai sangat strategis karena berbatasan langsung dengan samudra pasifik dengan memiliki ALKI III untuk kepentingan poros maritim dunia dimasa akan datang.

Disebutkan, Pulau Morotai juga memiliki potensi sumberdaya di bidang pariwisata baik wisata pantai (Diving, Snorkling, Surfing) maupun wisata sejarah, serta potensi bidang kelautan dan perikanan yang cukup potensial dengan komoditi unggulan perikanan adalah; Ikan Tuna, Kerapu dan Rumput Laut dan Kerang Mutiara menjadi primadona komoditas daerah untuk dapat dikelola dan dimanfaatkan secara optimal, lestari dan keberkelanjutan. dengan potensi sumberdaya yang dimilikinya, maka ini akan menjadi peluang invesatasi di daerah guna mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Pengembangan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Menurut Suriani, Kegiatan Fishing Morotai 2019 merupakan salah satu langkah nyata dari Visi Misi Pemda Morotai dalam pembangunan Morotai berbasis pariwisata dan perikanan yang berdaya saing. Peran serta Pemerintah Daerah, masyarakat dan stakeholder dalam memberdayakan SDA khususnya disektor kelautan, untuk menciptakan industri kreatif yang bisa menjadi penunjang dalam pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Suriani mengutarakan, Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah:
1) Akselarasi promosi daerah kepada pasar domestik maupun internasional melalui kegiatan wisata mancing.
2) Pemberdayaan masyarakat untuk turut berperan serta dalam pelaksanaan lomba mancing.
3) Menyebarluaskan kesadaran untuk mencintai laut dengan menjaga serta mempertahankan kelestarian alam.

Pelepasan lomba mancing mania dilakukan oleh Wakil Bupati Asrun Padoma. Dihadiri Sekda Pulau Morotai Muhammad M Kharie, Asisten I Muchlis Baay, Asisten III Ida Arsyad,  Danlanud Leo Wattimena, Kolonel NAV Arif Budhiyanto,  Danlanal Morotai, Letkol laut ( P ) Kariyadi Bangun, KBO Shabhara Polres Pulau Morotai, Ipda. Alwan,  Kaban Kesbangpol Lauhin Goraahe dan Para peserta lomba Fhising di Festival Morotai 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here