Menpar Arief Yahya Pastikan Tahun 2020 Kembali Gelar Festival Morotai

0
81
Menteri Pariwisata Arief Yahya menjanjikan Festival Morotai kembali akan digelar tahun depan. Foto : Halil

KORIDORZINE, MOROTAI- Suksesnya puncak acara Festival Morotai 2019 dengan mengusung tema besar Land Of Stories yang menceritakan ragam budaya dan sejarah perang dunia II membuat decak kagum Menteri Pariwisata Arief Yahya saat hadiri menyaksikan langsung di lapangan Sail Desa Juanga, Rabu 7 Agustus 2019.

Dibalik kesuksesan festival, tidak terlepas sentuhan seorang koreografer kelas dunia, sebutlah Eko “Pece” Supriyanto. Lelaki yang sukses menangani Festival Teluk Jailolo ini, kini sukses menyutradarai puncak acara Festival Morotai 2019 dengan mengukuhkan hasil karyanya, tarian kolosal dan bambu hitada sehingga berhasil memecahkan rekor MURI pertama di dunia.

Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arif Yahya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Provinsi Maluku Utara hanya dua daerah yang masuk even nasional kemenpar RI yakni Jailo dan Morotai.

“Peluang dan kesempatan yang diberikan pemerintah pusat ini dimanfaatkan semaksimal mungkin, demi mencapai tujuan dan kemajuan Morotai khususnya serta Maluku Utara umumnya, terutama sektor pariwisatanya. Festival Morotai 2019 luar biasa meriahnya dan sukses di selenggarakan,” ungkapnya.

Untuk itu, Kemenpar RI Arief Yahya menegaskan dalam janjinya, bahwa Festival Morotai akan digelar kembali tahun depan.

“Saya pastikan, tahun 2020 kabupaten pulau Morotai masuk dalam 100 Calender of Even Kemenpar RI. Sehingga akan menyelenggarakan Festival Morotai 2020 kembali,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, karena pulau Morotai selain wisata baharinya terbaik secara nasional juga wisata sejarahnya terkenal didunia yaitu wisata sejarah perang dunia ke-2. Untuk memajukan itu semua kita butuh infrastruktur penunjang berupa bandara udara, pelabuhan laut dan membuka konektifitas langsung ke Morotai

“Soal akses, terutama airport Airline. Bupati Morotai menginginkan ada lima dari flight dari luar negeri ke Morotai yakni Singapura, Hongkong, Philippine, Taiwan dan Palao. Kementerian Pariwisata akan membantunya. Juga diharapkan anggota DPRD Provinsi dan gubernur turut mendorongnya agar ada penerbangan dari luar negeri ke Morotai,” katanya.

Menpar asal Banyuwangi ini menyebutkan usulan Bupati Morotai akan dia bantu, tidak hanya untuk infrastruktur tetapi juga akses untuk pariwisata. Sehingga para wisatawan dapat dengan mudah berkunjung Morotai. Selain itu kawasan ekonomi khusus Morotai yang diharapkan tahun ini akan membangun banyak sekali resort, hotel dan apartemen. Kemudian untuk pemasaran kita janjikan setiap ada kegiatan internasional seperti di Asia dan Eropa maka Morotai akan saya undang untuk promosikan pariwisatanya

“Karena saya tidak khawatir dengan Morotai, wisata baharinya terbaik di dunia,” cetusnya

Kemenpar juga meminta dengan dibentuk dan dilantiknya Gerakan Pesona Indonesia (Genpi) maka promosi pariwisata Morotai lebih gencar lagi

“Untuk promosinya lebih cepat, gunakanlah Digital Media, anak-anak generasi Pesona Indonesia (Genpi) morotai sudah dilantik, mereka lah nanti akan mempromosikan Morotai ke seluruh dunia menggunakan digital. Karena digital itu kan langsung akan membuat Morotai akan menjadi global,” imbuhnya.(LIL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here