Wapres JK Beri Tenggat Waktu Penyelesaian Perjanjian Pasar Bebas Hingga Akhir Tahun

0
2
Wapres JK menandaskan agar perjanjian perdagangan bebas bisa segera terwujud hingga akhir tahun ini. Foto : Istimewa

KORIDORZINE, JAKARTA – Ada yang menarik dari pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) saat menghadiri Seminar Market Outlook Bank Mandiri, Rabu (7/8), yakni soal strategi untuk meningkatkan investasi dan ekspor kita.

Wapres JK mendesak agar di akhir tahun 2019 ini, Indonesia sudah menandatangi perjanjian bilateral maupun multirateral dengan negara-negara sekawasan yang memiliki pasar besar.

Ia mengatakan, setelah ada kesepakatan dengan negara-negara itu pada Maret 2019 lalu, masih ada tiga perjanjian yang bisa diselesaikan hingga akhir tahun 2019 ini. Melalui perjanjian tersebut, diharapkan secara tidak langsung investasi dari negara itu ke Indonesia dan ekspor produk kita ke sana bisa meningkat.

Wapres JK mewanti-wanti, dewasa ini Indonesia tengah bersaing dengan Thailand dan Vietnam yang juga melakukan hal ini. Oleh karena itu, ia juga meminta perhatian kepada pengusaha dalam negeri untuk mewujudkan investasinya di Indonesia dan memperkuat ekspor.

Para pengusaha diharapkan bisa menginvestasikannya di sektor riil di Indonesia agar dapat meningkatkan lapangan pekerjaan dan kemudian mengurangi kemiskinan.

Bagi yang memiliki kelebihan dana, jangan hanya memarkirkan dananya di bank dan berharap bunga, melainkan dihimbau agar dapat berinvestasi di sektor riil. Bila hal ini terjadi, maka perekonomian akan bergerak lebih cepat dan apabila industri yang menyokong ekspor berkembang, maka surplus neraca perdagangan pun akan terjadi di negeri tercinta ini. (UC/KP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here