Wapres JK : Penugasan TNI dan POLRI Sesuai Kondisi

0
16
Wapres JK justeru mempertanyakan ke Bupati Nduga Papua, apakah masyarakat itu takutnya kepada TNI-POLRI ataukah kelompok sparatis bersenjata. Foto: Istimewa

KORIDORZINE, JAKARTA – Menanggapi keluhan Bupati Nduga, Papua, Yairus Gwijangge ke Ketua DPR RI Bambang Soesatyo pada Senin (5/8) agar menyampaikan ke Presiden Joko Widodo untuk menarik personel TNI dan POLRI dari wilayah Kabupaten Nduga, Papua, Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) mempertanyakan yang membuat resah dan ketakutan masyarakat itu TNI-POLRI ataukah Organisasi Papua Merdeka (OPM).

TNI-POLRI, menurut Wapres JK, Rabu (7/8), menjalankan tugas di sana dikarenakan adanya gangguan keamanan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Ia mengatakan, bila situasi sudah aman dan kondusif  serta tidak ada OPM lagi tentu aparat TNI-POLRI akan ditarik.

Wapres JK malah mempertanyakan ke Bupati Nduga, apakah masyarakat itu takut kepada aparat TNI-POLRI ataukah kepada OPM. Selama ini, lanjutnya, yang mengganggu masyarakat adalah kelompok kriminal bersenjata itu. Kelompok sparatis itu yang menembaki, sehingga TNI-POLRI membalasnya agar masyarakat lebih aman dan terlindungi.

Pendekatan yang selama ini dilakukan TNI-POLRI adalah sesuai dengan situasi kondisi di lapangan.

“Ya kita juga harus lihat situasi yang ada. Ada sebab ada akibat. Sebab akibat apakah tentara yang menyebabkan sebabnya atau pihak kelompok kriminal itu yang menjadi sebab,” tandas JK.(UC/KP)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here