Menjelang Idul Adha, Stok Pangan di Kepsul Stabil

0
7
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Kepsul, Hawa Marasabesy. Foto : Ekhy Drakel

KORIDORZINE, SANANA – Hari Raya Idul Adha 1440 H sudah tinggal menghitung hari. Kebutuhan pangan menjelang hari raya kurban ini biasanya meningkat.

Melihat kondisi itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Hawa Marasabesy, di depan kantor Bupati, Kamis (8/8), mengatakan ketersediaan komoditas pangan menjelang hari Raya Idul Adha 1440 H relatif stabil. Hal di karenakan pasokan dan distribusi pangan berjalan dengan baik.

Lebih lanjut Hawa memaparkan, selain ketersediaan stok komoditas pangan yang relatif stabil, pihaknya juga melakukan pengendalian harga pangan menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Kami, dari Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian juga telah melakukan rapat dengan petani lokal. Dalam rapat tersebut kami meminta kepada petani agar menurunkan harga komoditas pangan di saat hari lebaran selama 4 hari. Harga tomat yang awal nya satu kilo Rp. 13.000 sampai Rp.15.000, kami meminta untuk diturunkan harganya menjadi Rp.8.000 per kilogram. Dari permintaan itu, petani juga menyetujuinya,” ungkapnya.

Hari jumat besok, masih menurut Hawa, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perindustrian dan Koperasi (Disprindakop) akan turun ke Pasar Basanohi Fogi Sanana guna menata dan menjaga stabilitas harga pangan pokok.

“Kami juga mempunyai petugas informasi pasar yang setiap hari terus mencatat harga di pasar. Dari bulan Juli sampai Agustus ini harga pangan tetap menurun karena pasokan komoditas pangan lokal juga banyak tersedia,” tukasnya. (EDL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here