Pemkab Salurkan 200 Ekor Sapi Qurban ke Seluruh Masjid di Pulau Morotai

0
11
Sapi dari Pemkab Pulau Morotai di Desa Ngele Ngele Kecil. Foto : Halil

KORIDORZINE, MOROTAI– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai Maluku Utara, melalui Bagian Kesra, menyambut Hari raya Idul Adha/Qurban yang jatuh pada minggu 11 agustus 2019. menyediakan 200 ekor sapi qurban untuk disalurkan ke seluruh masjid di 5 kecamatan di pulau Morotai. Penyaluran hewan qurban telah dilakukan sejak Jumat 9 Agustus hingga Sabtu 10 Agustus 2019.

“Total sapi hewan qurban yang siap di salurkan Pemda pulau Morotai ke seluruh masjid di pulau Morotai sebanyak 200 ekor dan penyalurannya telah di lakukan sejak Jumat kemarin sampai Sabtu hari ini,” terang Kabag Kesra, Sahril Totona, Sabtu 10 Agustus 2019.

Lanjutnya, teknis penyalurannya dilakukan oleh pemda melalui masing-masing bagian di sekertariat dan dinas. Diantaranya Bagian Umum menyalurkan sebanyak 3 ekor, bagian Kesra sebanyak 8 ekor, bagian hukum 6 ekor, bagian humas&protokoler 3 ekor, bagian pemerintahan 3 ekor, sekretariat DPRD 3 ekor, Bappeda 6 ekor, Dinas pendidikan 2 ekor, dinas perumahan dan pemukiman 2 ekor, dinas sosial 18 ekor.

Sementara, Dinas Perindustrian menyalurkan 9 ekor, dinas parawisata 2 ekor, dinas pertanian 4 ekor, Dinas perhubungan 14 ekor, Dinas perikanan 10 ekor, BKD 4 ekor,  Kesbangpol 9 ekor, BLH 3 ekor, Disnaker 9 ekor, DisDukcapil 6 ekor, PTSP 5 ekor, Perpustakaan Daerah 11 ekor, Satpol PP 9 ekor, kantor Kecamatan Morotai Selatan 10 ekor, Kecamatan Morotai Timur 12 ekor, Kecamatan Morotai Utara 4 ekor, Kecamatan Morotai Jaya 3 ekor, Kecamatan Morotai Barat 4 ekor, Unit pelayanan pengadaan 3 ekor dan BPKAD 4 ekor.

Kabag Kesra menyebutkan, hewan/sapi untuk qurban sebanyak 200 ekor itu dibagikan ke seluruh masjid-masjid yang ada di lima kecamatan di pulau Morotai. untuk diqurbankan setelah usai sholat Idul adha dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Dikatakan, Pembagian hewan kurban ke desa-desa pun jumlahnya fariatif sesuai dengan besar kecilnya penduduk muslim di Desa masing masing. Desa-desa yang besar penduduk muslimnya di berikan antara 13-15 ekor sedangkan di desa yang kecil penduduknya di berikan antara 1-2 ekor hewan kurban

“Dalam Hari raya Qurban ini, semoga umat muslim pulau morotai dapat mengenang kembali peristiwa bersejarah yang terjadi pada masa lalu. Serta, menjadi catatan penting bagi umat muslim saat ini dan selanjutnya. Sehingga masyarakat secara ikhlas terus mau berqurban sebahagian hartanya untuk saudara-saudara yang lain yang membutuhkannya.”Harapnya.(LIL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here