Wabup Asrun Sambut Jamaah Haji Asal Morotai

0
22
Jamaah haji asal Kabupaten Pulau Morotai disambut oleh Wakil Bupati beserta rombongan. Foto : Halil

KORIDORZINE, MOROTAI – Musim haji 1440 H atau 2019 telah usai. Kini giliran mereka bergilir untuk kembali ke tanah air.

Tak hanya pemerintah pusat yang berupaya memberikan pelayanan paripurna, pemerintah daerah pun demikian. Mereka dimuliakan, baik sewaktu pelepasan maupun penyambutan sekembali ke daerah asal.

Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai pun demikian. Pada Selasa (27/8), sekitar pukul 13:40 WIT, diselenggarakan upacara penerimaan Jamaah Haji Kabupaten Pulau Morotai 1440 H. Acara tersebut bertempat di halaman depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Desa Darame, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Ketua rombongan Jama’ah Haji asal Kabupaten Pulau Morotai, Hi Yamin M Nur, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai yang telah banyak memberikan dorongan dan motivasi selama menjalankan ibadah haji.

“Alhamdulillah, atas kerja sama yang baik sehingga proses perjalanan kami dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Hi Yamin M. Nur mewakili jamaah haji tahun 2019 ini.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kantor Perwakilan Kabupaten Pulau Morotai, M. Qubais Baba mengutarakan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai dan DPRD Kabupaten Pulau Morotai atas partisipasi dan kerjasamanya dalam penyelenggaraan haji tahun 2019 ini. Ia berharap agar penyelenggaraan haji pada masa yang akan datang lebih baik lagi.

M. Qubais Baba juga menyampaikan terima kasih kepada jamaah haji Kabupaten Pulau Morotai tahun 2019 ini. Ia berharap agar ibadah yang dilaksanakan diganjar pahala Mabrur oleh Alloh Subhanahu Wata’ala dan para jamaah bisa mempertahankan apa yang telah dilakukannya selama ibadah haji dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

Wakil Bupati (Wabup) Pulau Morotai, H. Asrun Padoma pada kesempatan itu mengutarakan, atas nama  Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai pihaknya mengucapkan selamat datang kepada segenap jamaah. Wabup menambahkan, kedatangan jamaah haji pada tahun ini agar dapat memotivasi umat Islam untuk dapat melaksanakan ibadah haji di tahun yang akan datang.

Wabup Asrun mengucapkan rasa syukurnya karena semua proses perjalanan jamaah haji asal Kabupaten Pulau Morotai berjalan lancar dan aman serta semua jamaah dapat kembali dalam keadaan sehat wal’afiat. Ia juga menyampaikan rasa belasungkawa atas adanya jamaah haji tahun ini yang wafat selama menjalankan ibadah haji.

“Atas nama pribadi Bupati dan Wakil Bupati, pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Pulau Morotai, kami sampaikan turut berbela sungkawa kepada para keluarga, saudara-saudara jama’ah Haji asal Provinsi Maluku Utara yang wafat pada saat melaksanakan Ibadah di Tanah Suci. Semoga arwahnya diterima di sisi Allah Subhanahu Wata’ala. Bagi keluarga yang ditinggalkan, kiranya tetap sabar, tabah dan tawakal atas ujian yang terjadi,” imbuhnya.

Wabup Asrun menegaskan, predikat atau gelar yang disandang jamaah sepulang dari Tanah Suci menunaikan ibadah haji, yakni Haji dan Hajah yang Mabrur, harus mampu memberikan contoh dan keteladanan dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan masing–masing sehingga tidak ada lagi kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan.

Wabup Asrun menandaskan,  kehadiran Haji dan Hajah di tengah-tengah masyarakat Pulau Morotai merupakan pencerminan sikap perilaku sebagai Haji dan Hajah yang Mabrur. Ia mengatakan kepada para jamaah mengenai tantangan bagaimana meningkatkan amal perbuatan yang baik, khusus kepedulian terhadap mereka yang masih berada di bawah garis kemiskinan.

Asrun juga mengatakan, kepada para jamaah agar dapat mengamalkan ajaran dan nilai – nilai agama Islam dengan baik, serta senantiasa berdoa agar pembangunan di Kabupaten Pulau Morotai dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan visi-misi Benny-Asrun, yakn Damai, Aman dan Sejahtera.

“Harapan saya, semoga para jama’ah haji yang baru pulang dari tanah suci dapat meningkatakan ketaqwaan dan kesolehan, serta menjadi teladan bagi masyarakat di lingkungan sekitar dan bisa memberi nilai positif dalam rangka pembangunan Kabupaten Pulau Morotai terutama pembangunan mental dan spritual masyarakat kita,” papar Wabup Asrun.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Wakil Ketua II DPRD Morotai, Rasmin Fabanyo,
Wakapolres Morotai Kompol Dedi Wijaynto, Pasintel Kodim Persiapan Morotai Kapten Inf. Isnari, Dandenpom Lanal Morotai Lettu Laut (PM) Ahmad Heikal, Ketua MUI Morotai Hi Arsyad Haya, Ketua FKUB Morotai Hi Amirudin Ahmad, para asisten dan staf ahli bupati, para pimpinan SKPD, para anggora DPRD Morotai, para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyrakat keluarga jamaah haji. (LIL).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here