Abrasi Pantai Desa Loleo Segera Ditinjau Dinas PU Morotai

0
10
Abrasi juga terjadi di Desa Loleo, Morotai Utara. Dinas PU akan segera melihat dan mencari solusinya. Foto : Halil

KORIDORZINE, MOROTAI– Di Kabupaten Pulau Morotai saat ini selain Desa Momujiu Kecamatan Morotai Selatan juga Desa Loleo Kecamatan Morotai Utara yang garis pantainya mengalami abrasi.  Ada dua faktor penyebab terjadinya abrasi di suatu daerah, yaitu faktor alam dan faktor manusia.

“Selain titik abrasi di pantai Desa Momujiu yang kita sementara atasi dan sementara kita kerjakan solusinya, dengan membuat jalan alternatif bagi pengendara. Senin, (2/9) besok pagi saya juga ke Desa Loleo, Kecamatan Morotai Utara untuk meninjau lokasi abrasi,” ungkap Kadis PU Kabupaten Pulau Morotai Abubakar Abd Radjak, Minggu (1/9).

Lebih lanjut diungkapkan Abubakar, Selain faktor manusia, tentunya faktor alam yang menyebabkan abrasi ini tidak dapat dihindari karena laut memiliki siklusnya tersendiri. Pada suatu periode tertentu angin akan bertiup sangat kencang sehingga menghasilkan gelombang dan arus laut yang besar pula yang dapat menyebabkan pengikisan pantai.

Dinas PU Kab. Pulau Morotai akan segera mencari solusi untuk memperbaiki pantai di Desa Loleo, Morotai Utara. Foto: Halil

“Untuk abrasi yang terjadi di Desa Loleo, kami turun lihat dulu, agar kita bisa tau tingkat kerusakan garis pantainya, baru kita bisa tau langkah apa yang tepat untuk mengatasi abrasi di Desa Loleo,” terangnya.

Pastinya, tegas Abubakar, dampak abrasi yang dapat terlihat secara langsung adalah terjadinya penyusutan area pantai, seperti di Desa Momujiu dan Desa Loleo. Ia juga mengungkaokan, penyebab abrasi tersebut bisa disebabkan oleh penambang pasir, atau dapat pula karena hantaman ombak dan arus laut yang terus menerus mengakibatkan bebatuan dan tanah terpisah secara perlahan dari daratan. (LIL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here