Miris, Menjamurnya Wartawan “Copy Paste” di Pati

0
12
Ketua FWP Pati Alman Eko. Foto : Wisnu

KORIDORZINE, PATI – Menjamurnya media massa di Indonesia membawa dampak tersendiri bagi profesi wartawan.

Sebagai profesi yang independen dan membutuhkan keahlian dalam menuangkan informasi, data dan analisa wartawan dewasa ini dituntut lebih profesional. Namun demikian, tak jarang ada saja oknum yang menyebut dirinya wartawan tapi masih belum memenuhi kualifikasi sebagai jurnalis.

Ketua Forum Wartawan Pati (FWP) Alman Eko Darmo kepada wartawan Senin (2/9) mengaku, profesi wartawan di Kabupaten Pati yang dianggap mampu untuk menulis dan mengembangkan berita jumlahnya masih bisa dihitung dengan jari. Ia mengatakan, selama ini para kuli tinta itu masih banyak berharap dan mengandalkan berita dari sumber yang mengirim, atau “Copy Paste”, sehingga informasi yang disampaikan ke publik rata-rata sama tanpa ada perubahan bahasa yang dibuat.

“Memang itu yang terjadi, para wartawan ini tidak mau susah-susah cari berita sendiri, namun lebih mengutamakan berita Copy Paste,” ungkap Alman.

Sebagai profesi Jurnalis, lanjutnya, seharusnya bisa bekerja lebih profesional untuk menyaring berita dengan turun langsung ke tempat peristiwa atau kegiatan. Di samping itu, wartawan juga harus datang langsung kepada sumber, bukannya berharap ketika ada berita yang dikirim dari sumber baru ramai-ramai melakukan “Copy Paste”.

Biasanya para wartawan ini hanya berharap berita dari Humas, yang dikirim melalui group WA, setelah itu baru diterbitkan ke masing-masing media, dengan bentuk bahasa yang sama, dan foto yang sama.

Alman yang juga wartawan senior Suara Merdeka itu sangat menyesalkan tindakan wartawan yang hanya berharap “Copy Paste”. Menurutnya, profesi jurnalis yang disandang terkesan hanya dimanfaatkan hanya untuk mencari keuntungannya sendiri.

“Tak mengherankan, bila mereka masih bisa menyandang sebagai awak media ”online” dengan segala kebanggaannya, anehnya lagi para kuli tinta ini menerima kontribusi yang dialokasikan pemerintah untuk berita Copy Paste itu,” tandasnya.(NU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here