32 Guru dan Pengawas Sekolah di Morotai Ikuti Bimtek Penguatan Karakter

0
18
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pulau Morotai, Revi F Dara, MPd, saat memberikan arahan kepada para guru dan penjaga sekolah yang mengikuti bimtek PPK. Foto: Halil

KORIDORZINE, MOROTAI– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI memberikan pelatihan bimbingan teknis (bimtek) Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) kepada puluhan guru dan pengawas sekolah rujukan SD dan SMP di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Jumat 6 September 2019.

Hal tersebut, disampaikan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Kadispenbud) Kabupaten Pulau Morotai, Revi F Dara, MPd. Lebih lanjut kepada media ini Revi menjelaskan, pelatihan bimbingan teknis (bimtek) program Penguatan Pendidikan Karakter ini diharapkan peserta dapat menularkan apa yang diperoleh selama pelatihan di sekolah masing-masing.

“Pelatihan program pendidikan penguatan karakter kepada penyelenggara pendidikan tahun ini yang di selenggarakan Kemendikbud RI di Morotai, ditujukan kepada para guru sekolah rujukan dan pengawas sekolah. Selanjutnya para guru dan pengawas ini menularkan kepada sekolah lain yang ada di kabupaten pulau morotai,” terang Revi.

Sebagai pemateri dalam bimtek itu dari Direktorat Jendral (Ditjen) Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, berjumlah tiga narasumber.

“Pelatihan Program Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) di Kabupaten Pulau Morotai ini diberikan kepada 32 orang, baik guru sekolah rujukan dan pengawas sekolah sebagai penyelenggara pendidikan khusus di pulau morotai,” rinci Revi.

Selama berlangsungnya pelatihan ini, para guru diharapkan dapat saling bertukar pikiran, praktik maupun penerapan PPK. Sehingga setelah kembali ke sekolah masing masing dapat menerapkan dengan seksama agar tercipta perubahan karakter siswa kita yang lebih baik.

“Para kepala sekolah atau guru dan pengawas sekolah, harus optimis dapat membuat perubahan di sekolah dengan menumbuhkan semangat penguatan pendidikan karakter kepada siswanya masing masing. Selain itu, peran orang tua murid juga sangat besar dalam membentuk karakter anak. Karena, waktu anak lebih banyak di rumah dari pada di sekolah,” tuturnya.

Dikatakan Revi, dengan pelatihan yang diterima ini, diharapkan para pelaku pendidikan, pengelola pendidikan, khususnya para kepala sekolah, guru dan pengawas sekolah, dapat memahami penerapan program PPK dan memberikan teladan kepada para guru dan siswa di sekolah masing masing dan sekolah lainnya.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, para kepala sekolah dan guru diharapkan dapat memberikan perubahan terhadap penyelenggaraan pendidikan di sekolah masing-masing, dengan mengutamakan nilai-nilai keagamaan, kejujuran, toleransi, kedisiplinan, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab,” terangnya.

Untuk itu perlu diketahui, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai terus berupaya semaksimal memajukan pendidikan. Dengan membangun sarana pendidikan, peningkatan pelayanan pendidikan dan pelatihan peningkatan kualitas guru, semua itu demi menciptakan SDM di Morotai yang handal.

“Untuk mewujudkan semua itu pemerintah tidak bisa berjalan sendiri tetapi, harus bersama sama masyarakat mewujudkan Cita Cita mulia itu,” pungkasnya. (LIL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here