Nelayan Morotai yang Hilang Kapalnya Ditemukan Tak Berawak

0
17
PgS Pasops Lanal Morotai Lettu Laut (P) Ismail T Rahaguna, saat memimpin pencarian. Foto : Halil

KORIDORZINE, MOROTAI– Masyarakat Desa Rahmat dan Desa Mira, Kecamatan Morotai Timur Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara heboh setelah nelayan asal Desa Sopi, Kecamatan Morotai Jaya, memberikan informasi telah menemukan perahu tak berawak di Perairan Morotai Jaya, yang kebetulan hendak pulang usai melaut, lantas mengamankan perahu tersebut.

Kondisi tersebut, disampaikan PgS Pasops Lanal Morotai Lettu Laut (P) Ismail T Rahaguna, saat dikonfirmasi media ini, Jumat (6/9) pukul 16.35 WIT.

Ia menjelaskan, pada pukul 09.55 WIT disaat melakukan koordinasi untuk melakukan pencarian atas hilangnya nelayan Desa Rahmat, Jainudin Gogasa, tiba-tiba salah satu warga mendapatkan info melalui telepon seleluler bahwa telah ditemukan perahu fiber di perairan Desa Sopi Kecamatan Morotai Jaya tanpa awak.

Kapal Jainudin , nelayan yang hilang, ditemukan namum Jainudin masih belum dan sedang dicari. Foto : Halil

Untuk memastikan bahwa itu perahu korban, kata Ismail, maka dirinya bersama Kepala Desa Rahmat dan masyarakat menuju Desa Sopi dengan menyisir sepanjang pantai menuju Desa Sopi.

“Setelah tiba di Desa Sopi, Kepala Desa Rahmat dan warganya memastikan dan membenarkan bahwa perahu fiber tersebut milik Jainudin yang dipakai mancing pada Kamis (5/9),” terangnya

Lanjutnya, perahu tersebut saat ini sudah berada di Desa Rahmat, Kecamatan Morotai Timur. Perahu korban telah dibawa ke Desa Rahmat, oleh kepala desa dan warganya.

Perlu di ketahui identitas nelayan yang dikabarkan hilang bernama Jainuddin Gogasa, asal Desa Rahmat Kecamatan Morotai Timur Pulau Morotai, Agama Islam, Pekerjaan Nelayan, anggota Koperasi Nelayan Tuna Pasifik Sangowo.

Kronologinya, korban menggunakan perahu fiber 3 GT bantuan dari SKPT Kabupaten Pulau Morotai. Keluar mancing pada tanggal 05 September 2019 pukul 14.00 WIT pergi mancing ke rumpon, perkiraan tiba di rumpon sekitar 14.30 WIT.

Tiba waktu menjelang malam korban belum kembali ke desanya, kondisi tersebut membuat warga Desa Rahmat dan Desa Mira kawatir dan melakukan pencarian pada pukul 18.30 WIT namun tidak membuahkan hasil dan warga menyampaikan, bahwa nelayan Jainuddin yang hilang mempunyai riwayat sakit asam lambung dan tidak bisa berenang.

PgS Pasops Lanal Morotai Lettu Laut (P) Ismail T Rahaguna, mengutarakan sampai saat masih melakukan pencarian korban oleh tim SAR gabungan yakni Lanal, Pol Airud dan BNPB serta warga masyarakat. (LIL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here