2 Hektar Lahan di Morotai Ludes Terbakar Siang Ini

0
15
Diduga karena ulah manusia, 2 hektar lahan terbakar Sabtu (7/9) siang. Foto : Halil

KORIDORZINE, MOROTAI- Dalam dua pekan ini, kebakaran lahan di Morotai terus terjadi. Rata-rata penyebabnya unsur kesengajaan manusia. Pemerintah daerah dituntut untuk tegas menindak pelaku pelaku pembakar lahan apabila kedapatan.

Karena ulah mereka, bukan hanya lahan yang terbakar, namun tanaman warga juga ikut terbakar. Bahkan, rumah warga juga terancam, selain itu terjadi polusi.

Sabtu (7/9), hari ini, tepatnya pukul 12.00 WIT, kebakaran kembali terjadi di depan kafe bitz Desa Pandanga, Kecamatan Morotai Selatan. Si jago merah berhasil meludeskan 2 Hektar lahan dan nyaris melahap sejumlah rumah warga desa Pandanga bila terlambat dipadamkan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Damkar Satpol PP, Kabupaten Pulau Morotai, Marwan Sidasi, saat menghubungi media ini Sabtu (7/9), pukul 14.15 WIT.

Ia menjelaskan kebakaran di depan kafe bitz ini terjadi karena kelalaian manusia. Akibat kebakaran itu 2 hektar lahan ludes terbakar.

“Penyebab kebakaran sesuai info dari warga pandanga sekitarnya karena kelalaian manusia, yakni membakar rumput dan tiba-tiba api menjalar membesar sehingga tidak dapat dikendalikan dan membakar 2 Hektar lahan Namun, kami berhasil padamkan,” terangnya.

Kebakaran lahan di depan kafe bitz. Foto : Halil

Pemadaman itu, lanjutnya, memakan waktu agak lama, karena lokasi kebakaran sudah melebar dan mobil pemadam kebakan yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai hanya 1 unit sehingga agak lambat pemadamannya.

“Pemadaman memakan waktu 2 jam lebih, dari Jam 12,30 WIT sampai  jam 13.50 WIT baru api berhasil dipadamkan. Karena apinya sudah meluas dan mobil pemadam hanya 1 unit,” ungkapnya.

Selain itu, dijelaskan Marwan, kebakaran lahan ini sangat dekat dengan pekarangan rumah, tepatnya di belakang kantor desa Pandanga, di sekitar itu ada beberapa rumah penduduk, posisi api dengan rumah sangat dekat, sehingga menyebabkan kabel listrik yang masuk ke rumah penduduk hangus terbakar.

“Kondisi ini bila terlambat dipadamkan sejumlah rumah warga akan ikut ludes terbakar, karena kabel listrik yang masuk ke rumah warga sudah terbakar,” tegasnya.

Untuk itu, atas nama pemerintah daerah kepada masyarakat Morotai agar hati-hati dengan kondisi kemarau ini, jangan sembarangan buat api, harus waspada karena kebakaran sudah banyak terjadi dalam dua pekan ini akibat ulah manusia.

“Agar masarakat waspada dan hati hati terhadap bahaya kebakaran. Jangan membut api atau membakar lahan di musim kemarau karena itu merugikan banyak orang dan sangsinya bisa pidana kalo ketahuan pelakunya.” Pungkasnya.

Perlu diketahui dalam dua pekan ini di Pulau Morotai sudah terjadi kebakaran lahan di lokasi pekuburan umum, depan kantor samsat, lokasi bandara udara, depan Mako Lanal, depan asrama Tertonadi, belakang kantor Kemenag dan Sabtu siang ini depan kafe bitz desa Pandanga. Sehingga lahan yang terbakar sudah puluhan hektar. (LIL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here