Guna Menggaet Investor, Wabup Morotai “Promosikan” Morotai di CIFIT 2019

0
15

KORIDORZINE, MOROTAI – Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai menghadiri China International Fair for Investment and Trade (CIFIT) 2019 atau Pameran Internasional China untuk Investasi dan Perdagangan 2019 di China. Hal ini dilaksanakan terkait dengan strategi Kabupaten Pulau Morotai untuk menarik investor agar dapat berinvestasi di sana.

Rombongan yang berangkat ke CIFIT 2019 itu terdiri dari Wakil Bupati Asrun Padoma, Staf Khusus Bupati bidang Luar Negeri Semuel Samson, Asisten III Setda Ida Arsad, Kepala DKP Suriani Antarani dan Kepala Perwakilan Morotai di Jakarta Mona Hairudin.

Hal tersebut, disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pulau Morotai, Suriani Antarani, saat di hubungi melalui WhatsApp, Senin (9/9) mengenai keberadaan mereka di China.

“Rombongan Pemda Morotai tiba di Xiamen, pada Sabtu (7/9) dan pada Minggu (8/9) pagi, rombongan jumpa Dubes RI untuk RRT, Djauhari Oratmangun, di Kota Xiamen, Provinsi Fujian, RRT. Kehadiran rombongan Pemda Morotai ke Xiamen diundang untuk mengikuti CIFIT 2019,” jelas Suriani Antarani.

Selanjutnya, rombongan bersama Dubes RI untuk RRT dan Mongolia, H.E. Djauhari Oratmangun bertemu Wakil Gubernur (Wagub) Fujian, H.E. Ms. Guo Ningning, pada Forum CIFIT 2019, di Kota Xiamen. Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Morotai mengundang Wakil Gubernur Fujian untuk berkunjung ke Pulau Morotai.

Suriani menambahkan, rombongan Pemda Pulau Morotai akan berada di Xiamen, China selama 6 hari, sejak Sabtu (7/9) hingga Kamis (12/9).

Hari ini, Tim Morotai mengikuti “China (Fujian) – Indonesia Bussines Forum,” yang berlangsung disela-sela forum CIFIT 2019. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Fujian, H.E. Ms. Guo Ningning, dengan Keynote Speakers Dubes RI untuk RRT dan Mongolia, serta para pemangku kebijakan dari Indonesia, seperti dari Kementerian Perindustrian, Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM), Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), serta Konsulat Jenderal RI di Guangzhou dan mitra sejenisnya dari pemerintah RRT, maupun dari Provinsi Fujian dan para pebisnisnya.

Pada kesempat itu, Wakil Bupati Pulau Morotai, Asrun Padoma, di depan media lokal maupun nasional di China menyampaikan paparan mengenai potensi Kabupaten Pulau Morotai, dan juga posisi strategis Kabupaten Pulau Morotai bagi kebijakan nasional.

Potensi strategis tersebut antara lain, Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) atau “10 Bali Baru”, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Jababeka (Industrial Park), dan satu dari 12 Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) di Indonesia yang sudah mengekspor hasil perikanannya ke Negara Vietnam.

“Senin, hari ini. Bussines Meeting hari pertama, antara tim Morotai dengan calon mitra bisnis, Shenzhen Fountain Corporation, Mr. Endrew Zhen (CEO) dan Mr. Alex Huang (Director),” tuturnya. (LIL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here