Selamat Jalan Bapak Kebebasan Pers Indonesia

0
9
Selamat Jalan Bapak B.J Habibie.

KORIDORZINE, JAKARTA – Tak ada firasat tertentu akan ada putra terbaik pertiwi berpulang. Selasa (10/9) khalayak dikabari kesehatan beliau berangsur membaik. Meskipun masih di ruang perawatan khusus, namun masih butuh perawatan khusus.

Rabu (11/9) pagi, melihat berita di berbagai media, figur Presiden RI ke-3 itu disebut sudah dapat merespon dan memanggil keluarganya. Membacanya, hati tentram. Sosok putra bangsa yang begitu jenius, dan mengharumkan Indonesia dengan berbagai penemuannya bidang pesawat ini diwartakan kesehatannya berangsur membaik.

Berbagai kolega dan pejabat telah menjenguknya. Doa warga bangsa pun tercurah untuk kesembuhannya.

Sore hari, selepas sholat Maghrib, saat menyalakan radio, terdengar kabar beliau sudah berpulang. Seolah harapan dan doa kesembuhan untuknya menjadi luluh. Tertegun. Pasrah. Figur inspiratif, baik keilmuan, kesolehan maupun kesetiaan terhadap pasangan hidup, itu telah meninggalkan kita semua.

Bacharuddin Jusuf Habibie. Gaya khas aksen bahasa Indonesia ke-Jerman-Jerman-an itu berganti nyanyi sunyi.

Di Rumah Sakit Gatot Subroto Jakarta, keluarganya mengabarkan beliau berpulang sekitar pukul 18.05 WIB.

Beliau orang baik. Banyak pejabat dan orang penting kemudian berdatangan. Mereka ingin memberikan penghormatan terakhir, sekaligus mendoakan agar tempat terbaik di sisi Tuhan tempat beliau nanti.

Sosok B.J Habibie selain dikenal sebagai teknokrat, juga dikenal sebagai peletak tonggak kebebasan Pers di negeri ini. Di masa beliaulah Undang-Undang Pers lahir.

Kebebasan Pers dibuka. Media massa tumbuh bak jamur di musim penghujan. Di era sebelumnya, Pers seolah dikekang namun di waktu pemerintahan B.J Habibie mereka diberikan kebebasan.

Habibie juga dikenal sebagai figur yang mendorong untuk pemilihan presiden/wakil presiden langsung oleh rakyat. Tidak berlebihan bila beliau diberikan “gelar” sebagai “Bapak Demokrasi”.

Kini, goresan tinta emas yang ditorehkan dapat dibaca siapun. Lewat beliau Pers seperti sekarang ini. Pun dari pemikiran beliau pemilihan presiden oleh rakyat menjadi kenyataan.

Selamat jalan Prof.Dr. Eng. Bacharuddin Jusuf Habibie. Semangatmu ada di sanubari kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here